Anak Muda Sumber Ekonomi Baru di Era Revolusi Industri 4.0




SIARAN PERS KEMENRISTEKDIKTI
No : 164/SP/HM/BKKP/IX/2018

Sitoluama, 8 September 2018
Pada era revolusi industri 4.0, masa depan bangsa Indonesia bertumpu kepada anak muda penerus bangsa. Kreativitas dan inovasi dari anak muda akan melahirkan berbagai sumber ekonomi baru yang akan menjadi motor penggerak ekonomi bangsa di era Revolusi Industri 4.0. Hal ini disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir pada acara wisuda Institut Teknologi Del, Sitoluama, Toba Samosir, Sumatera Utara (8/9).
Menristekdikti mengungkapkan bahwa “Unicorn” Startup di Indonesia didominasi oleh hasil pemikiran anak muda. Menteri Nasir menambahkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia hendaknya dapat memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang ada, sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.
“Diperkirakan pada tahun 2030, GDP Indoensia akan pada urutan ke-7 di dunia, dan pada tahun 2050 pada urutan ke-4, hal ini karena apa ? karena Sustainable Development Goals Indonesia. Oleh karena itu angkatan kerja Indonesia harus dikelola dengan baik,” ucapnya.
Menteri Nasir berpesan kepada wisudawan untuk selalu berkembang mengikuti perubahan zaman, dan mencari peluang-peluang baru dalam dunia kerja. Beliau berharap “Science and Technology” menjadi bidang ilmu yang populer dan minat anak-anak Indonesia pada bidang ilmu ini meningkat.
“Lulusan IT Del harus ber-mindset “positif work habit”, mampu berkomunikasi dengan baik dan giat membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Karena bidang inilah yang akan menyokong ekonomi Indonesia kedepannya,” ujarnya.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang juga merupakan Ketua Pembina Yayasan Del dalam sambutannya menyampaikan bahwa Institut Teknologi Del merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah siap menyongsong tantangan Revolusi Industri 4.0.
“Salah satu program studi pertama yang didirikan di IT Del adalah prodi Teknologi Informatika. IT Del telah melakukan banyak kerjasama dengan dunia Industri agar lulusannya dapat sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” ujar Menko Luhut.
Menko Luhut berpesan agar lulusan IT Del memiliki tiga hal mendasar yakni kecerdasan, karakter yang baik dan sehat secara jasmani untuk bisa memiliki kepemimpinan yang menjadi contoh pada anak muda.
“Anda akan menjadi bagian dari perubahan Indonesia di masa depan,” katanya kepada para lulusan.
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan mendukung pemuda Indonesia untuk berkontribusi pada ekonomi global di abad ke-21. Beliau mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra yang strategis, baik pada bidang pendidikan maupun bidang ekonomi. Beliau berharap, kemitraan di Indonesia dan Amerika pada berbagai bidang dapat diperkuat, karena Indonesia merupakan mitra strategis bagi Amerika.
“Saya percaya bahwa masa depan Indonesia dan ekonominya bersumber dari Inovasi. Saya yakin masih banyak peluang-peluang kerjasama ekonomi yang bebas, adil dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Amerika pada era digital,” ucapnya.
Turut hadir dalam acara ini Rektor Institut Teknologi Del Togar M. Simatupang, Sekretaris Ditjen Kelembagaan dan Iptek Dikti Agus Indarjo, Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin, beserta sivitas akademika Institut Teknologi Del dan tamu undangan lainnya

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti

Sumber: https://ristekdikti.go.id/siaran-pers/menristekdikti-anak-muda-sumber-ekonomi-baru-di-era-revolusi-industri-4-0/#uUfIfqH2wKO2yiCS.99
Share:

Label

Recent Posts