Disaingi Layanan Musik Gratis Amazon, Saham Spotify Turun

Disaingi Layanan Musik Gratis Amazon, Saham Spotify Turun  Ilustrasi spotify. (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
 Saham layanan musik streaming asal Swedia, Spotify turun 4,9 persen setelah Amazon mengumumkan bahwa layanan musik gratisnya yakni Amazon Music Unlimited bakal tersedia di lebih banyak perangkat.

Mengutip CNBC, harga saham Spotify turun dari US$147,51 menjadi US$140,26 atau sekitar Rp1,9 juta (US$1 = Rp14,079). Sementara untuk jumlah pelanggan premium mereka September 2019 mencapai 113 juta, naik 26 juta dari 87 juta pelanggan. Total pelanggan Spotify saat ini yaitu 248 juta.

Melalui laman resminya, pengguna produk Fire TV milik Amazon, iPhone, iPad, dan ponsel Android kini dapat menikmati layanan aplikasi Amazon Music secara gratis.

Layanan musik streaming ini juga dapat diakses melalui situs web music.amazon.com. Selain itu, pengguna juga bisa berlangganan Amazon Music Unlimited dan mesti membayar US$7,99 atau sekitar Rp1,1 juta untuk berlangganan Prime dan US$9,99 (Rp1,4 juta) untuk non-Prime.

Amazon Music Unlimited sendiri resmi diluncurkan 13 Oktober 2016 untuk menggoyang eksistensi Apple Music dan Spotify.

Pada intinya Amazon Music Unlimited sama dengan layanan streaming lain, di mana pengguna bisa mengakses katalog lagu lalu memainkannya. Ia juga dibekali dengan algoritma khusus yang akan merekomendasikan lagu sesuai selera pendengar.

Music Unlimited memungkinkan pengguna mengunduh lagu di latarbelakang agar konsumen bisa tetap mendengar musik ketika tak tersedia koneksi Internet. Selain itu, ada pula integrasi lirik.

Baru-baru ini, Youtube juga meluncurkan layanan serupa yang diberi nama Youtube Music dan siap meramaikan industri musik streaming.

Perusahaan yang berkantor pusat di Mountain View, California ini juga menawarkan paket khusus yaitu Youtube Music Family Plan dan Youtube Premium Family Plan, di mana pengguna dapat menambahkan hingga enam akun. Harga paket mulai Rp75 ribu per bulan.

Youtube Music disebut bakal terpasang otomatis di perangkat yang sudah menggunakan Android 10. Layanan ini juga akan otomatis terpasang pada perangkat yang masih menggunakan Android 9 Pie

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191119145657-185-449680/disaingi-layanan-musik-gratis-amazon-saham-spotify-turun
Share:

Label

Recent Posts